Pengertian AL-QUR’AN Menurut AL-QUR’AN

indexAssalamu’alaikum sahabat mauidzah ….

kali ini saya akan membahas pengertian Al-Qur’an menurut Al-Qur’an itu sendiri. Adapun pengertian Al-Qur’an secara terminologi Al-Qur’an sebagai berikut:

Al-Qur’an adalah petunjuk bagi manusia dan penjelas atas petunjuk tersebut serta sebagai pembeda antara haq dan bathil (furqan). Qs.2:185

“Bulan ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara haq dan bathil … (QS.2:185)Al-Qur’an adalah aturan (wahyu) yang datangnya dari Allah yang tidak boleh diragukan kebenarannya yang muthlak. (Qs.2:147)

“Kebenaran itu adalah dari Rabbmu dan janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu (Qs.2:147).

Dalam kitab Nawawi, Muhammad mirqatushu’udi al-tashdiq hal: 9-10 1358:

Orang-orang yang ragu terhadap Allah, Rasul-Nya, kitab-Nya, hari akhir dan sebagainya yang ada didalam wahyu-Nya maka termasuk riddatu-l-’itiqad (keluar dari islam secara keyakinan).

Al-Qur’an adalah kitab yang diturunkan oleh Allah yang diberkahi yang wajib diikuti oleh setiap mu’min dan haram mengikuti selainnya. (Qs.6:155)

“Dan Al-Qur’an itu adalah kitab yang kami turunkan yang diberkahi. Maka ikutilah dan bertaqwalah agar diberi rahmat. (Qs.6:155)

“Al-Qur’an adalah sebuah wahyu Allah yang diturukan kepada manusia sebagai petunjuk dan pembeda antara haq dan bathil yang didalamnya tiada keraguaan. dan orang-orang yang beriman dan bertaqwa yang tidak ragu dan mejadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk dan yang diikuti”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


eight − 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>